Kamis, 25 Oktober 2012

Analisis Pengaruh Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepatu Pada Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai-Medan

Analisis Pengaruh Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepatu Pada Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai-Medan
Pengarang : Darma Manalu
Tahun            : 2008
Latar Belakang
Pertumbuhan usaha kecil rumah tangga di daerah Medan cukup berkembang dan memiliki prospek yang baikdi masa depan. Kecamatan Medan Denai merupakan salah satu kawasan dengan berbagai aktivitas usaha kecil di kota Medan yang memiliki beragam bidang kerajinanseperti sepatu, konveksi, dan makanan. Salah satu bidang usaha kecil yang cukup berkembang di Kecamatan Medan Denai adalah usaha kerajinan sepatu dengan jumlah unit usaha sebanyak 245 orang pengrajin. Sepatu yang diproduksi di daerah ini adalah untuk memenuhi permintaan pasar lokal dan luar daerah.
Salah satu bagian penting dimensi bauran pemasaran dalam usaha kecil adalah kebijakan produk dan promosi.
Dengan semakin meningkatnya persaingan, maka semakin penting peranan kebijakan promosi dalam memasarkan barang yang diperdagangkan. Kegiatan promosi merupakan bagian dari pemasaran sebagai alat yang sangat penting serta turut menentukan suksesnya suatu pemasaran guna meningkatkan volume penjualan.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah:
1.    Untuk  mengetahui dan menganalisis pengaruh kebijakan produk dan promosi terhadap volume penjualan sepatu pada pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan.
2.    Untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap volume penjualan sepatu pada pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan.
Metodologi Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Data Penelitian
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1.    Data Primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan pada saat pengamatan, wawancara dan dari jawaban daftar pertanyaan yang diberikan tentang kebijakan produk, kebijakan promosi dan volume penjualan.
2.    Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui catatan-catatn, laporan, media massa, dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan kebijakan produk, kebijakan promosi, dan volume penjualan pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan.
Kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan produk dan kebijakan promosi secara serempak berpengaruh terhadap volume penjualan sepatu pada pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan. Secara parsial diperoleh bahwa kebijakan promosi yang paling dominan mempengaruhi volume penjualan sepatu pada pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai-Medan.
http://ranggialanputra.blogspot.com/2012/10/metode-riset-analisis-3-jurnal.html